About Us


Who we are?

Since 2009 we serve for CD / VCD / DVD5 / DVD9 / Mini CD / for the needs of musicians, educational institutions, advertising and marketing agencies, film industry and corporate sector. We provide one stop services for media disc, duplication or content replication, stamper/glass mastering creation, data protection systems, sensor approval arrangements, packaging designs, standard or special packaging printing, CD boxes of various types and sizes, 2D / 3D hologram stickers, packaging of plastic seals (wrapping) to distribution throughout the domestic and overseas. We provide an effective solutions based on pre-production with low budget through to final production.

Mission

Providing professional and expert service solutions in the field of storage media

NEW CREATE LOGO

One stop solution for Media CD

Enjoy our serve and the prices and your precious time, You will love it!

Latest News


Perbedaan CD & DVD

Kami akan menjelaskan apa itu CD/DVD-Rom & CD/DVD-Rom Drive, CD-Rom adalah piringan yang hanya dapat dibaca, dan CD-RW adalah piringan yang isinya dapat diedit.

Sedangkan untuk hardware yang berfungsi membaca CD/DVD, dinamakan CD/DVD-Rom Drive, dengan kecanggihan yang dimiliki oleh DVD, maka DVD telah menggantikan banyak teknologi lain dikelasnya, seperti CD, Laser disc, Kaset video game, dan Kaset Video (VHS). Kehadiran media penyimpanan DVD ini memang sudah terbilang cukup lumayan lama, tetapi perkembangannya sangat pesat, khususnya di Indonesia saja. Perkembangan itu juga berkat dukungan yang sangat luas yang diperoleh DVD dari berbagai perusahaan baik elektronika, komputer, maupun entertainment di seluruh dunia.

Keberadaan DVD sangat membantu proses suatu penyimpanan data dalam kapasitasnya yang mudah dibawa dan praktis. Banyak perusahan industri perfileman, media edukasi, profile perusahaan dan media promo lainnya menggunakan DVD sebagai salah satu media yang dapat memberikan solusi atas kebutuhannya. Berikut ini penjelasan singkat pengertian dan perbedaan CD dan DVD :

Pengertian dan Perbedaan CD dan DVD

CD-Rom

Merupakan tempat penyimpanan data permanen dengan kapasitas 700Mb.

CD-RW

Merupakan tempat penyimpanan data berkapasitas 700Mb. Yang membedakan antara CD-R dan CD-RW adalah kalau data yang telah disimpan di CD-R tidak bisa dihapus lagi ( telah permanen ). Sedangkan CD-RW data yang telah tersimpan bisa sewaktu-waktu dihapus.

DVD-5

Sama halnya dengan CD-R, tetapi DVD5-Rom memiliki kapasitas penyimpanan yang lebih besar yaitu sekitar 4,7Gb single layer dan dapat memutar film atau video dengan resolusi 720×480 piksel.

DVD-RW

Merupakan tempat penyimpanan data dengan kapasitas sekitar 4,7GB. Yang membedakan antara DVD R dan DVD RW adalah hanya dari segi penyimpanan data. Kalau di DVD R data yang tersimpan tidak bisa dihapus ( telah tersimpan dengan permanen ). Sedangkan DVD RW data yang tersimpan masih dapat seaktu-waktu dihapus. Harganya juga berbeda, tetapi tidak terlalu jauh jaraknya. 

DVD-DL

(Dual layer, Lapisan Ganda) merupakan kepingan optik penyimpan data yang kapasitasnya 2 kali DVD biasa. Secara umum, kita tahu bahwa DVD biasa dapat menyimpan data sebesar 4,7 gigabit. Namun sejak oktober 2003, DVD DL mulai didemonstrasikan. Embel-embel DL (dual layer) sendiri berarti memiliki 2 kepingan optis yang digabungkan sehingga kapasitasnya menjadi 8,5 gigabit.

Pengertian CD-Rom dan DVD-Rom

Apa itu CD-Rom?
CD-Rom merupakan akronim dari “compact disc read-only memory” adalah sebuah piringan kompak dari jenis piringan optik (optical disc) yang dapat menyimpan data. CD-Rom juga berarti bahwa CD-Rom Drive hanya bisa digunakan untuk membaca sebuah CD saja. Secara garis besar CD-Rom dibedakan menjadi 2 menurut tipenya yaitu : ATA/IDE dan SCSI. Yang paling mendasari dari perbedaan tersebut adalah kecepatannya. Kalau ATA memiliki kecepatan 100-133Mbps sedangkan SCSI memiliki kecepatan kira-kira 150 Mbps. Untuk tipe SCSI biasanya ditemuka pada CR-RW drive. Pada CD-Rom terdapat tulisan 56X artinya kemampuan memberikan kecepatan transfer data sebesar 56 x150 Kbps. Tipe CD-RW juga biasanya dibedakan berdasarkan kemapuan membakar dan membaca. CD-W tipe 12x8x32 artinya memiliki kemampuan membakar pada CD-Rom seccepat 12x, membakar pada CD-RW secepat 8x, dan membaca CD-R/CD-RW/dengan kecepatan maksimal 32x.

Apa Fungsi CD-Rom?
Telah di jelaskan bahwa CD-Rom mempunyai arti bahwa sebuah Hadware yang hanya bisa membaca CD saja. Selain kegunaan dasar tersebut CD-Rom juga digunakan untuk melakukan penginstalasian sebuah OS (Operating System), Game, atau Software-software lainnya. Atau melakukan booting pada saat msuk ke OS bila sebuah System tidak mau berjalan. 

Apa yang dimaksud CD-RW?

CD-RW adalah drive yang memiliki kemampuan membaca kepingan CD dan juga mampu menulis di kepingan CD Blank, kerennya burn FUNGSI CD-RW – CD RW Drive menggunakan sinar laser merah untuk menulis informasi dari komputer ke merekam discs, baik CD-R discs, yang tidak dapat dihapus, atau CD-RW discs, yang dapat terhapus dan tercatat sekitar 1000 kali. CD-RW drive yang digunakan untuk membuat CD Audio, yang dapat diputar di hampir semua player, atau data discs, yang berguna untuk membuat cadangan atau mentransfer file.

Apa itu DVD-Rom?

Pertama-tama, ada baiknya jika kita telaah sedikit apa sebenarnya yang dimaksud dengan DVD. DVD berasal dari kata Digital Versatile Disc. Sesuai dengan namanya DVD merupakan sebuah media penyimpanan digital yang isinya sangat variatif. Bentuknya sangat mirip dengan CD.Bedanya DVD dapat memainkan film, audio lebih baik dan dengan data lebih banyak dan proses yang lebih cepat dibandingkan CD. DVD juga mampu menyimpan data lain seperti Foto atau data informasi dari komputer.

Apa Fungsi DVD-Rom DRIVE?

Drive berarti penggerak atau pemutar.DVD ROM DRIVE berarti penggerak atau pemutar pada sebuah DVD ROM.perangkat ini memiliki bentuk fisik yang sama persis seperti CD ROM DRIVE akan tetapi memiliki fungsi yang berbeda fungsi DVD ROM DDRIVE adalah untuk membaca data atau program pada DVD. Dalam DVD ada dua bagian format yang sangat penting, yaitu Physical Formats (Format Fisik) dan Application Format (Format aplikasi). Yang dimaksud dengan format fisik adalah DVD ROM, DVD-R/RW, DVD+R/RW, dan DVD-RAM. Format ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sedangkan yang dimaksud dengan format aplikasi adalah, DVD video yang disebut DVD juga lalu ada yang disebut DVD Audio, DVD Stream Recording dan ada juga yang disebut Super Audio CD (SACD). Selain itu ada juga format aplikasi yang dipergunakan khusus untuk Games seperti Sony Play-Station 2 atau Microsoft Xbox.

Pengertian DVD-RW

DVD RW adalah cakram optik yang dapat ditulis kembali dan memiliki kapasitas sama dengan DVD-R, biasanya 4,7 GB. Format ini dikembangkan oleh Pioneer pada November 1999 dan telah disetujui oleh DVD Forum. Tidak seperti DVD-RAM, DVD-RW dapat dimainkan di sekitar 75% DVD player biasa.

FUNGSI DVD-RW

DVD-RW Drive menggunakan sinar laser merah untuk menulis informasi dari komputer ke merekam discs, baik DVD-R discs, yang tidak dapat dihapus, atau DVD -RW discs, yang dapat terhapus dan tercatat sekitar 1000 kali.

Proses Tahap Replikasi

Glass Mastering
Setelah tahap premastering selesai dilakukan, maka mulai memasuki tahap selanjutnya yaitu glass mastering. Di sinilah pembuatan master data dilakukan. Yang dikatakan master dalam mereplikasi sebuah kepingan disc adalah sebuah stamper. Stamper ini yang nantinya akan digunakan untuk mencetak pit pada setiap replika kepingan disc.

Untuk membuat sebuah stamper memerlukan empat tahapan, yaitu:

Tahap 1: Persiapan
Pada tahap ini, dilakukan beberapa persiapan. Pertama-tama, yaitu menyiapkan sebuah kepingan yang dinamakan glass master (terbuat dari kaca plastik) yang sebelumnya telah dibersihkan menggunakan air yang mengalami ionisasi terlebih dahulu. Lalu, kepingan tersebut dilapisi dengan lapisan yang dinamakan photo-resist layer setebal 120 mikron.

Tahap 2: Mencetak pit dengan sinar laser
Pit adalah tempat data disimpan. Pit diperoleh dari hasil tembakan laser yang mengenai lapisan photo-resist. Sinar laser yang digunakan ada yang berwarna biru dan ada juga yang berwarna violet. Sedangkan, sinar laser itu sendiri bekerja berdasarkan data yang diperoleh dari tahap premastering sebelumnya.
Seiring dengan sinar laser yang mulai menembak, kepingan disc akan bergerak memutar mengimbangi sinar agar data tepat ditembakkan pada jalur yang tepat.

Jika menginginkan hasil replikasi yang tidak dapat diduplikasi atau di-copy, maka proses proteksi akan dilakukan pada tahap ini. Namun, sumber dari proteksi itu sendiri apapun bentuknya, baik berupa kode ataupun pengenkripsian data semuanya berasal dari tahap premastering sebelumnya.

Tahap 3: Metalisasi
Setelah pit dihasilkan dengan tembakan laser, maka lapisan hasil tembakan diberikan lapisan metal. Lapisan metal yang digunakan berasal dari bahan nikel. Proses pelapisan ini sendiri tidak akan mempengaruhi lapisan kaca plastik di bawahnya.

Tahap 4: Elektroforming
Ini adalah tahap pembuatan stamper-nya itu sendiri. Setelah glass master selesai dilapisi nikel, maka pembuatan stamper pun dilakukan. Stamper sendiri merupakan cetakan yang nantinya digunakan untuk mencetak replikasi kepingan disc. Pembuatan stamper bersumber dari glass mastering yang telah dilapisi nikel. Jika stamper telah selesai, maka stamper siap digunakan.

Replikasi
Setelah tahap mastering selesai dilakukan, maka tahap selanjutnya alah tahap replikasi. Pada tahap ini, ada beberapa perbedaan proses tergantung pada jenis kepingan disc.

CD
Untuk mereplikasi CD prosesnya adalah yang paling cepat. Pertama-tama setiap kepingan yang terbuat dari bahan polycarbon dicetak dengan stamper yang telah jadi terlebih dahulu. Kemudian hasil cetakan diberi lapisan alumunium agar dapat melakukan refleksi cahaya (sinar laser nantinya). Setelah itu, lapisan alumunium diberikan palisan pelindung lagi. Jika proses pelapisan yang terakhir sudah selesai, maka kepingan CD siap diberi label.

DVD
Dalam mereplikasi DVD, ada sebuah proses yang tidak dimiliki oleh CD yaitu proses bonding atau penyatuan. Bonding pada DVD berbeda-beda menurut dari jenis DVD masing-masing.

Untuk DVD-5, proses bonding dilakukan antara keping polycarbon yang telah dicetak dan diberikan alumunium dengan keping polycarbon yang tidak diberikan lapisan alumunium. Setelah itu, baru proses lapisan pelindung kemudian pemberian label.

Untuk DVD-10, proses bonding dilakukan antara dua keping polycarbon yang sudah dicetak dan diberikan lapisan alumunium.

Sebenarnya pada DVD-9, proses bonding dilakukan sama seperti pada DVD-10. Hanya saja, bedanya terletak pada lapisan metalnya. Jika pada DVD-10 keduanya sama-sama menggunakan lapisan alumunium, maka pada DVD-9 salah satunya ada yang menggunakan lapisan emas atau silicon.

Yang menjadi alasan mengapa ketiga DVD memiliki proses bonding yang berbeda-beda adalah susunan dari DVD itu sendiri.

Finishing
Ini adalah tahap akhir dalam proses replikasi. Ada dua hal yang biasanya terjadi dalam tahap finishing. Yang pertama adalah pencetakan label CD pada bagian paling atas. Kemudian yang kedua adalah peletakan barcode atau kode barang lainnya yang memang keduanya dapat dilakukan pada saat tahap finishing dilakukan dan sifatnya adalah permanen.

Keduanya merupakan hal yang sangat berbeda. Jika proses pembuatan label mirip dengan proses mencetak gambar dengan printer, maka proses pembuatan kode barang atau barcode tidaklah sama, begitu pula peletakannya.

Label
Menurut diameter, ada dua pilihan dalam pemberian label pada CD. Pertama dari diameter 38 mm sampai 117 mm, sedangkan pilihan yang kedua lebih bersifat menyeluruh, yaitu dari diameter 21 mm sampai 117 mm. Yang lebih sering dilakukan adalah pemberian label pada diameter 38 mm sampai 117 mm.

Pada DVD tidak jauh berbeda kecuali pada DVD 10 yang bersifat double sided. Kadang ada juga pemberian label yang dimulai dari diameter 43,8 mm sampai 117 mm.

Untuk membuat label bergambar dibutuhkan lima warna, yang terdiri dari putih sebagai dasarnya lalu empat warna lainnya adalah warna dasar yang biasa dipakai untuk mencetak, yaitu warna-warna CMYK (biru, merah, kuning, dan hitam).

Pembuatan label juga dapat dilakukan secara terpisah dari proses replikasi, namun juga dapat dilakkan secara bersambung. Jika dikerjakan secara terpisah, maka Anda harus memiliki sebuah printer khusus untuk membuat label CD/DVD. Printer untuk membuat label sudah banyak dijual di pasaran. Proses pencetakan label sendiri tidak memakan waktu panjang. Dalam semenit bisa mencapai 70 keping cetakan.

Barcode
Barcode diletakkan pada wilayah yang sering dinamakan Burst Cutting Area (BCA). Yaitu sebuah wilayah pada kepingan yang terletak antara ring tengah dengan wilayah akhir penyimpanan data yaitu pada diameter 22,3 mm sampai 23,5 mm.

Biasanya barcode ini berisikan informasi mengenai serial number CD atau DVD. Namun, tidak menutup kemungkinan untuk berisi hal lain. Seperti contohnya pada CD PC Media tertulis edisi majalah. Apapun bentuk informasi yang ada dalam barcode tersebut, besarnya hanya sekitar 12 byte sampai 188 byte.

Pembuatan barcode dapat dilakukan dengan dua cara. Yang pertama pada saat mastering dilakukan. Sehingga pencetakan barcode akan berbarengan dengan pencetakan isi CD/DVD.

Atau pembuatan barcode dan nomor serial ini juga dapat dilakukan pada saat finishing dengan menggunakan sebuah alat yang dinamakan YAG Laser. Dengan cara ini, informasi Barcode ditembakan oleh sinar laser pada setiap kepingan yang sudah jadi. Dan biasanya barcode ini dapat dibaca, khususnya oleh DVD Drive.

Saat ini, di Indonesia sendiri sudah ada beberapa perusahaan yang mampu memproduksi CD/DVD dengan cara seperti ini. Bahkan salah satunya adalah yang Anda miliki saat ini dari majalah PC Media juga hasil dari replikasi bukan duplikasi.

Hal ini ditandai dengan warna dasar CD PC Media dan logo serta nomor edisi PC Media pada bagian dasar. Oleh sebab itu, CD dari PC Media ini lebih tahan lama dari pada CD copy-an yang Anda punya. Replikasi CD/DVD tidak hanya dapat dilakukan untuk yang ingin memproduksi software sendiri seperti PC Media, tetapi juga dapat dilakukan oleh Anda yang ingin mencetak album rekaman atau film dalam jumlah banyak.

Untuk mereplikasi sebuah CD/DVD, sebaiknya jangan membeli peralatan seperti menduplikasi CD/DVD, sebab harga mesin replikasi saat ini masih terlalu mahal. Di samping itu, bentuk fisiknya juga masih sangat besar. Oleh sebab itu, bagi yang ingin mereplikasi CD/DVD sebaiknya menggunakan jasa pencetak CD/DVD yang kini sudah banyak di Jakarta. Sebab hal ini lebih efektif dari pada Anda membeli perangkatnya sendiri.

Seluk Beluk Replikasi CD dan DVD

Ingin memproduksi CD atau DVD dalam jumlah yang banyak. Jangan gunakan proses duplikasi, tetapi gunakan proses yang dinamakan replikasi. Proses ini lebih hemat jika Anda akan memproduksi CD atau DVD dalam jumlah ratusan atau ribuan. Sedangkan jika tidak terlalu banyak digunakan, maka proses replikasi akan memakan biaya lebih mahal per CD atau DVD-nya.

Beda! Replikasi maupun duplikasi memang merupakan proses memperbanyak, namun keduanya memiliki perbedaan yang sangat mencolok. Baik dari segi proses maupun dari segi hasil. Sedangkan biaya dan waktu yang dibutuhkan untuk masing-masing proses sangat tergantung pada jumlah keping yang ingin diperoleh. Untuk jumlah keping yang tidak terlalu banyak, maka proses duplikasi akan lebih cepat dan hemat. Sedangkan untuk keping dalam jumlah banyak, ratusan misalnya, proses replikasi jauh lebih cepat.

Mengapa demikian? Pada proses duplikasi tidak memerlukan proses persiapan yang panjang. Namun, proses duplikasinya sendiri memakan waktu cukup lama. Terlebih jika data yang dimasukkan sangat banyak dan menggunakan alat duplikasi (biasanya CD-RW drive) yang tidak berjalan sangat cepat. Sebaliknya proses replikasi membutuhkan persiapan yang lebih panjang. Namun, proses replikasinya sendiri berjalan sangat cepat untuk setiap kepingnya. Selain itu, biaya proses sendiri tergantung pada jumlah keping. Jika tidak terlalu banyak (tidak mencapai ratusan atau ribuan), proses duplikasi dianggap cukup efektif. Sedangkan jika ada ratusan sampai ribuan keping, maka proses replikasilah yang paling efektif.

Secara fisik, hasil dari keduanya juga mengalami perbedaan. Berhubung pada saat proses replikasi yang dipilih, maka data masuk ke dalam kepingan langsung pada saat kepingan diproduksi. Sedangkan pada proses duplikasi kepingan diproduksi terlebih dahulu, baru kemudian data dimasukkan. Ini menyebabkan pada fisik kepingan hasil duplikasi terdapat satu buah layer tambahan yang digunakan untuk menyimpan data. Biasanya lapisan atau layer ini memiliki warna kebiruan, kehijauan, kecoklatan, atau keemasan. Sedangkan hasil replikasi biasanya hanya terdiri dari dua warna saja, keperakan dan keemasan.

Untuk mengetahui seperti apa yang dimaksud dengan proses duplikasi, tentu saja tidak sulit. Sebab caranya sama seperti ketika Anda melakukan pem-burn-an dengan CD-RW/DVD-RW drive. Kepingan disc kosong yang telah jadi diletakkan ke dalam sebuah CD-RW/DVD-RW drive akan di-burn dengan sinar laser untuk meletakkan data yang diinginkan. Sedangkan proses replikasi, membutuhkan banyak peralatan lain selain komputer dan data dimasukkan sebelum kepingan disc jadi. Dalam kata lain, pemasukan data dilakukan di antara pembuatan disc itu sendiri. Ini juga yang menjadi alasan mengapa kepingan disc dari proses replikasi lebih tahan lama dibandingkan dengan proses duplikasi.

Jika pada proses duplikasi ada tiga tahapan utama yang harus dijalani yaitu mastering, duplikasi, dan finishing, maka pada proses replikasi ada lebih banyak lagi tahap yang harus dilakukan.

Premastering
Dalam proses replikasi yang disebut sebagai master adalah sebuah stamper. Stamper sendiri dibuat dengan menggunakan laser, yang prosesnya mirip dengan penulisan pada CD kosong. Dan yang akan menjadi kontrol laser nantinya adalah data yang akan dimasukkan ke dalam keping disc itu sendiri. Oleh sebab itu, sebelum tahap mastering (pembuatan master) dilakukan, maka ada sebuah tahap yang disebut premastering.

Tahap premastering dalam replikasi memiliki cara yang sangat mirip dengan tahap mastering dalam proses duplikasi. Pada tahap ini, data yang akan disimpan ke dalam kepingan disc terlebih dahulu disimpan atau dipindahkan dari komputer ke dalam sebuah media. Jenis media yang digunakan sangat beragam, tergantung pada kepingan replikasi apa yang diinginkan.

What people are saying

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, incididunt aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation

Inna Darck

IOS Developer

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, incididunt aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation

Johnson Myke

Android Developer

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, incididunt aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation

Anna Doe

Software Developer

Scehedule Timing

Faqs

Term & Condition

>We only accept legal rights of individual owners or companies that are proven by a statement from the original owner.

>Make sure the CD or DVD master along with good quality design / art work / free error before submitting it to us.

> Design / art work can be in PSD (Photoshop), Cdr (Corel Draw) illustrator (Ai), Tiff, and JPEG format with recommended minimum resolution of 300dpi CMYK.

> Before our mass printing process will require approval of the print and duplication.

> We provide guarantees if the duplication results in an error or is not in accordance with the master that you provide.

> Other information please contacts us.

Working Time

> The production process is calculated from the date of approval of the sample CD and packaging.

> Production time is 3-5 working days since we receive sample approval from you.

> Work period does not include Sundays and national holidays.

About Delivery

>We provide free pickup services for master data by our courier in Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi area.

>For outside Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi, you can use other shipping services or by dropbox.

>How many weight for 1000 pieces of CDs ? Its about + 16 Kg

>How many weight for 1000 pieces of DVDs ? Its about + 18 kg

>We can provide you with wood packaging for shipping out side town.

>We will calculate the shipping costs to your city after the production process is complete unless you only order CDs or DVDs.

>You will get an expedition reference at a cheap and safe cost from us.

Nulla aliquet nisl nec ex aliqueta porta ma?

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Nam eu hendrerit nunc. Proin tempus pulvinar augue, quis ultrices urna consectetur non.

Ut enim ad minim veniam, quis nostrud?

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Nam eu hendrerit nunc. Proin tempus pulvinar augue, quis ultrices urna consectetur non.