Mengenal Duplikasi dan Replikasi

Duplikasi adalah proses penggandaan CD/DVD dalam jumlah kecil biasanya dibawah 1000 keping per judul, prosesnya sangat sederhana yaitu dengan memesan CDR/DVDR (CD/DVD blank) yang ada dipasaran dengan berbagai jenis merek dari yang murah hingga mahal. Dan proses selanjutnya ada dua pilihan cetak dengan stiker yang biasa ditempel pada permukaan CD/DVD atau dengan printable (cetak langsung dipermukaan CD) ini adalah dua pilihan yang dapat digunakan.

Namun berjalan waktu tekhnologi makin mendukung maka saat ini banyak pilihan ke printable karena dengan cara tersebut hasil lebih rapi karena tidak perlu menempelkan stiker yang kadang kala tidak presisi dan masalah lain jika menggunakan laptop kadang tersangkut karena ketebalan permukaan dengan adanya stiker. Proses selanjutnya pengisian data yang menggunakan mesin duplikasi khusus yang dapat mengcopy maksimal 11 keping dalam satu kali proses yang memakan waktu kurang lebih 3-5 menit tergantung dari kapasitas data yang ditransfer. Harga dalam proses duplikasi tersebut sangat bervariasi berdasarkan jenis/merek CD/DVD yang digunakan dan jumlahnya. Jika kebutuhan CD/DVD misalnya hanya 100 atau 500 keping maka proses duplikasi ini yang paling tepat.

Sekarang saya akan menjelaskan proses Replikasi, proses penggandan CD/DVD dengan metode ini umunya untuk kebutuhan diatas 1000 keping per judul, proses replikasi tentu dikerjakan melalui pabrikan yang khusus bergerak dibidangnya, mulai dari pembuatan plat mastering (stamper) hingga proses pencetakan offset dengan mesin cetak khusus yang mampu menghasilkan ribuan dalam waktu singkat.

Dalam proses ini setiap keping CD/DVD akan tercetak kode IFPI berserta kode pabrikan yang membuat, CD/DVD yang diproduksi dalam metode ini dari bahan baku biji plastik yang dibuat secara permanen tidak seperti metode duplikasi diata, sehingga ketahanan data dan hasil cetak akan jauh lebih baik dari metode duplikasi. Dalam proses replikasi tersebut tentu ada tahap yang harus dilalui salah satunya yaitu tentang legalitas dari konten/data yang akan diperbanyak dan bilamana konten/data yang akan direplikasi adalah VCD maka diperlukan surat ijin sensor dari lembaga sensor film.

Demikian penjelasan singkat perbedaan antara Duplikasi dan Replikasi CD/DVD, semoga informasi ini dapat dipahami dan bermanfaat bagi yang akan berhubungan dengan pekerjaan penggandaan CD/DVD.

 

Leave a Reply