August 5, 2016

CD DVD

Replikasi CD & DVD

CDDVD-replication-machine

Mesin Injection untuk Replikasi CD

Replikasi CD merupakan metode produksi masal/memperbayak yang melalui tahap pembuatan Stamper/Glass Mastering kemudian proses injection (pengisian data) selanjutnya proses pencetakan langsung pada permukaan CD atau DVD dengan mesin offset.

Metode replikasi membutuhkan proses awal lebih lama akan tetapi proses produksi jauh lebih cepat, proses produksi di dukung mesin replikasi yang mampu menyelesaikan 10.000-20.000 keping perhari.

DSC_0889

Contoh hasil replikasi CD berwarna CMYK

DSC_0887

Hasil cetak replikasi CD variasi transparan

DSC_0903

Hasil cetak replikasi CD variasi transparan dengan satu warna

DSC01158

Glass Mastering / Stamper

Duplikasi CD & DVD

Proses produksi/perbanyak CD dalam jumlah kecil antara 100-500 keping pada setiap master, pelanggan dapat menentukan merek/brand CDR atau DVDR yang akan digunakan misalnya (Sony, Verbatim, Maxel, Printable, dll). Biaya duplikasi tersebut beragam harganya karena menyesuaikan permintaan dari CDR ataupun DVDR dari merek yang diinginkan pelanggan.

Yang membedakan antara CD original dan non-original (bajakan)?

Banyak aspek yang membedakan antara keduanya dan salah satu yaitu Kode Produksi (IFPI) yang sudah menjadi bagian terpenting untuk menjaga keaslian produk secara sah dan legal, kedua tentunya kualitas hasil produksi serta harga yang membedakan dengan CD yang tidak resmi. Dengan adanya legalitas tersebut maka konsumen terlindungi sehingga mendapatkan Hak Cipta dan Legalitas.

Salah satu ketentuan perundang-undangan yg mengatur kegiatan perusahaan penghasil cakram optik adalah Keputusan Menteri Perindustrian dan Perdagangan No. 648/2004. Kepmen ini mengatur dan menetapkan bahwa setiap pabrik CD harus memiliki kode produksi (berupa IFPI Code) dan mencantumkannya pada setiap keping CD atau DVD yang telah diproduksi secara massal.

ifpi 2

Contoh Tampilan Kode IFPI

IFPI atau International Federation of the Phonographic Industry merupakan suatu lembaga/organisasi yang mewakili industri rekaman diseluruh dunia. Misinya adalah untuk mempromosikan nilai rekaman musik, menjaga hak-hak produser rekaman dan memperluas penggunaan komersial rekaman musik. Produk CD ataupun DVD Original/legal selalu ada kode IFPI pada setiap kepingan, dan apabila CD atau DVD bajakan tidak akan terdapat kode IFPI. Sumber : Wikipedia.org

“Kami hadir memberikan solusi cetak CD & DVD dengan proses cepat aman berkualitas dan hemat biaya.”